In My Dream's

Your Live in Your Hand

SEJARAH ETANOL 22 Desember 2009

Filed under: Bioteknologi Industri — Ayy @ 09:20
Tags: , ,

Sejak zaman prasejarah, manusia telah mengenal etanol sebagai bahan pemabuk dalam minuman beralkohol. Residu yang ditemukan pada peninggalan keramik yang berumur 9000 tahun dari Cina bagian utara menunjukkan bahwa minuman beralkohol telah digunakan oleh manusia prasejarah dari masa Neolitik. Pemurnian etanol dengan cara penyulingan biasa hanya mampu menghasilkan etanol dengan kemurnian 96%.
Etanol murni (absolut) dihasilkan kali pertama oleh kimiawan muslim bernama Johan Tobias Lowitz pada tahun 1796 dengan cara menyaring alkohol hasil destilasi melalui arang. Etanol digambarkan sebagai senyawa yang terbentuk dari karbon, hidrogen, dan oksigen oleh Antoine Lavoisier. Kemudian pada tahun 1808, Nicholas Théodore de Saussure berhasil menentukan rumus kimia etanol C2H5OH. Tapi rumus kimia tersebut baru diterbitkan pada tahun 1858 oleh Archibald Scott Couper. Dengan demikian, etanol adalah salah satu senyawa kimia yang kali pertama ditemukan rumus bangunnya. Etanol dibuat secara sintetik pada tahun 1826 secara terpisah oleh Henry Hennel dari Britania Raya dan S.G. Sérullas dari Perancis.

Pada tahun 1828, Michael Faraday berhasil membuat etanol dari hidrasi etilena yang dikatalisis oleh asam yang prosesnya mirip dengan proses sintesis etanol pada industri modern.[1] Sejak tahun 1840, etanol telah digunakan sebagai bahan bakar lampu di Amerika Serikat, namun pajak yang dikenakan pada alkohol industri semasa Perang Saudara Amerika membuat penggunaannya tidak ekonomis. Karena hal ini, maka pada tahun 1906 pajak tersebut dihapuskan.


Pada tahun 1880-an Henry Ford berhasil membuat mobil quadrycycle, dan sejak tahun 1908 mobil Ford model T telah dapat menggunakan etanol sebagai sumber bahan bakar. Namun karena harga bahan bakar petroleum lebih murah daripada etanol, maka terjadi penurunan konsumsi etanol oleh masyarakat sejak tahun 1920-an.

 

2 Responses to “SEJARAH ETANOL”

  1. Wah Ahli Kimia sedang bicara !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s