In My Dream's

Your Live in Your Hand

MAWAR 1 Oktober 2009

Filed under: Uncategorized,Warna-warni — Ayy @ 04:59
Tags: , , ,

Sistem klasifikasi ilmiah mawar adalah sebagai berikut :

Kerajaan : Plantae

Divisi                 : Magnoliophyta

Kelas                 : Magnoliopsida

Ordo                   : Rosales

Famili               : Rosaceae

Upafamili           : Rosoideae

Genus                : Rosa L.

Ada beberapa spesies mawar di dunia ini, di antaranya :

  1. Spesies asal Eropa (Rosa alba,Rosa canina, Rosa gallica, Rosa chnamomea, Rosa cettifoli, Rosa spinosissma, Rosa wichuraiana)
  2. Spesies asal Timur Tengah (Rosa fetida, Rosa fetida bicolor, Rosa fetida perciana, Rosa feicikoana, Rosa damascene)
  3. Spesies asal Tiongkok (Rosa chinensis, Rosa liviegata, Rosa gigantean, Rosa primula, Rosa mullugani, Rosa sericana pteracantha, Rosa hugonis, Rosa banksiae lutea)
  4. Spesies asal Jepang (Rosa roxburghii, Rosa roxburghii ‘hirthua’, Rosa aciculaisis nipponensis, Rosa mulitiflora, Rosa wichuraina, Rosa rugosa, Rosa uchiyamana, Rosa jasminoidesu, Rosa fujisanesis)
  5. Spesies asal Amerika Serikat (Rosa cinemoemea, Rosa nitida, Rosa california)

Mawar adalah tanaman semak dari genus Rosa. Mawar liar berjumlah lebih dari 100 spesies. Tumbuh banyak di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya mencapai 2 – 5 m. Walaupun jarang ditemui, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 m.

Sebagian besar spesies mempunyai daun dengan panjang 5 – 15 cm, dua-dua berlawanan (pinnate). Daun majemuk yang tiap tangkai daun terdiri dari paling sedikit 3 atau 5 – 9 atau 13 anak daun dan daun penumpu (stipula) berbentuk lonjong, pertulangan menyirip, tepi beringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang dekat ke tanah.

Sebenarnya mawar bukanlah tanaman tropis, sebagian besar spesies mawar merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang ada di Asia Tenggara yang selalu berdaun hijau sepanjang tahun. Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota dengan perkecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota. Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.


Bunga terdiri dari 5 helai daun mahkota (kecualian Rosa sericea yang hanya memiliki 4 helai daun mahkota). Warna bunga biasanya putih dan merah jambu atau kuning dan merah pada beberapa spesies. Ovari berada di bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak.

Bunga menghasilkan buah agregat (berkembang dari satu bunga dengan banyak putik) yang disebut rose hips. Masing-masing putik berkembang menjadi satu buah tunggal (achene), sedangkan kumpulan buah tunggal dibungkus daging buah pada bagian luar. Spesies dengan bunga yang terbuka lebar lebih mengundang kedatangan lebah atau serangga lain yang membantu penyerbukan sehingga cenderung menghasilkan lebih banyak buah. Mawar hasil pemuliaan menghasilkan bunga yang daun mahkotanya menutup rapat sehingga menyulitkan penyerbukan. Sebagian buah mawar berwarna merah dengan beberapa perkecualian seperti Rosa pimpinellifolia yang menghasilkan buah berwarna ungu gelap hingga hitam.

Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Beberapa spesies yang tumbuh liar di tanah berpasir di daerah pantai seperti Rosa rugosa dan Rosa pimpinellifolia beradaptasi dengan duri lurus seperti jarum yang mungkin berfungsi untuk mengurangi kerusakan akibat dimakan binatang, menahan pasir yang diterbangkan angin dan melindungi akar dari erosi.

Mawar dapat dijangkiti beberapa penyakit seperti karat daun. Penyebabnya adalah cendawan Phragmidium mucronatum yang menyebabkan kerontokan daun. Penyakit yang tidak begitu berbahaya seperti Tepung Mildew disebabkan cendawan Sphaerotheca pannosa, sedangkan penyakit Bercak Hitam yang ditandai timbulnya bercak-bercak hitam pada daun disebabkan oleh cendawan Diplocarpon rosae. Mawar juga merupakan makanan bagi larva beberapa spesies Lepidoptera.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s