In My Dream's

Your Live in Your Hand

ANAMMOX 27 Agustus 2009

Filed under: Uncategorized — Ayy @ 04:32

ANAMMOX (ANAEROBIC AMMONIUM OXIDATION)

Endapan yang sangat tebal dan zona oksigen yang rendah di lautan berhubungan dengan hilangnya nitrogen di bumi. Keberadaan mikroba yang berperan dalam hilangnya nitrogen belum diketahui sejak lama, tapi sekarang ada fakta yang mendorong bukti keberadaan bakteri laut yang mengoksidasi ammonium, yang berperan penting siklus nitrogen di alam. Dalam ekosistem laut, siklus karbon dan siklus nitrogen saling berhubungan. Banyak yang menyebutkan bahwa penyitaan CO2 oleh bakteri anammox di dalam laut, berkontribusi terhadap pengetahuan kita tentang siklus biogeokimia global dan dampaknya terhadap perubahan iklim. Bakteri anammox mampu mensintesis rocket fuel hydrazine dari amonia dan hydroxylamine dalam jumlah tanpa optimasi.
Anaerobic ammonium oxidation (anammox), adalah mikroba yang dapat mengubah amonium dan nitrit (akseptor electron) menjadi gas dinitrogen. Dari hasil penelitian, didapatkan hasil bahwa anammox berperan secara signifikan dalam siklus nitrogen di lautan. Bakteri anammox ditemukan di Samudera Atlantik dan di Laut Hitam. Proses anammox berperan dalam proses pengolahan air limbah secara biologis. Dibandingkan dengan metode nitrifikasi/denitrifikasi konvensional, dengan menggunakan anammox, biaya operasional dapat berkurang hingga 90%, emisi CO2 berkurang hingga 90%. Ada 3 genus bakteri anammox, yaitu Brocadia anammoxidans, Kuenenia stuttgartiensis and Scalindua sorokinii.

Dengan kemampuannya untuk memproduksi hydrazine, bakteri anammox juga dapat mengubah hydrazine secara anaerobik menjadi ammonium dan gas dinitrogen. Bakteri anammox telah berhasil digunakan dalam sistem pengolahan air limbah industri dan limbah domestik. Pengaplikasian bakteri anmox dapat ditingkatkan dengan optimasi sistem reaktor tertentu, kemudian dilanjutkan dengan uji genomik berbasis microarray untuk memonitor ekspresi gen dengan kondisi yang bervariasi.

Aplikasi :
Proses anammox dapat digunakan untuk membuang ammonium dari berbagai tipe efluen yang memiliki kandungan ammonium tinggi (NH4+-N > 100 mg/l). Efluen tersebut dapat ditemukan pada industri :
• Pengolahan air limbah domestic (air dari sludge digester)
• Pengolahan limbah organic padat (landfill, kompos, digestion)
• Industry makanan
• Manure processing industries
• Industry pupuk
• Industry petrokimia
• Industry metallurgi
• Industry logam

Sumber :
http://www.anammox.com
http://www.mpi-bremen.de/en/Home.html
http://www.jgi.doe.gov/sequencing/why/index.html

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s